Saturday, May 1, 2010

PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR MENJELASKAN KONSEP MATERI PEMBELAJARAN


Nama : Christiwi Yulihandani

NIM : 08-800-0099

Prodi : PGSD-S1/ 2008 C

Kelas 1 Semester 1

Standar Kompetensi : Geometri dan Pengukuran

2. Menggunakn pengukuran waktu dan panjang

Kompetensi Dasar : 2.1 Menentukan waktu (pagi, siang, malam), hari dan jam (secara bulat)

2.2 Menentukan lama suatu kejadian berlangsung

· Kompetensi Dasar : Menentukan waktu (pagi, siang, malam), hari dan jam (secara bulat)

v Membaca Jam (secara bulat)

· Pertama yang harus dilakukan guru yaitu memperkenalkan alat pengukur waktu yang disebut jam, bisa dengan jam digital atau juga jam analog

· Memperkenalkan jam digital guru harus membawa media berupa jam digital dan dengan menjelaskan seperti berikut :

08 : 00

angka dibagian kiri menunjukkan

menit

angka dibagian

kanan menunjukkan pukul

Pada jam digital diatas waktu atau pukul langsung ditunjukkan dengan angka yang muncul jadi dapat langsung dibaca menurut angka yang muncul dan sebelah kanan menunjukkan pukul dan sebalah kiri menunjukkan menit. Jadi jam diatas menunjukkan pukul 08.00 .

· Dalam memperkenalkan dan menjelaskan materi ini guru diharapkan menggunakan media jam analog agar siswa lebih mudah memahami materi yang disampaikan.

· Memperkenalkan jam analog dapat dijelaskan dengan langkah-langkah sebagai berikut :

jarum pendek menunjukkan pukul

jarum panjang menunjukkan menit

Pada jam analog diatas terdapat bilangan 1 sampai dengan 12 dan terdapat dua jarum jam yaitu satu jarum pendek yang menunjukkan pukul dan satu jarum panjang yang menunjukkan menit. Gambar jam diatas jarum panjang menunjuk diangka 12 dan jarum pendek menunjuk diangka 6, maka jam diatas menunjukkan pukul 06.00..

· Lalu yang dilakukan guru yaitu menggunakan jam analog dan menunjukkan pada siswa dengan memutar jarum jam secara bulat dan meminta siswa untuk membacanya agar dapat mengetahui sampai mana pemahaman siswa tentang cara membaca jam analog.

· Dengan media jam analog guru juga dapat meminta beberapa siswa maju kedepan kelas untuk memutar jarum jam pada pukul tertentu secara bulat sesuai anjuran guru lalu ditunjukkan pada teman-temannya untuk membacanya barsama-sama. Hal ini dapat dilakukan secara bergiliran.

Misalnya :

pukul 03.00 pukul 11.00 pukul 02.00

v Menentukan waktu pagi, siang dan malam

· Dalam menerangkan menentukan waktu pagi, siang dan malam langkah pertama yang dilakukan guru untuk menjelaskan bagaimana kita bisa menentukan waktu itu dikatakan pagi, siang dan malam yaitu dapat dilihat dengan alat pengukur waktu dan juga disertai gambar.

· Sebelum menjelaskan dengan alat pengukur waktu, guru bisa memancing siswa untuk mengenal waktu pagi, siang dan malam dengan bertanya pada siswa yang berhubungan dengan kegiatannya sehari-hari, misalnya seperti berikut :

1.Kalian berangkat sekolah itu pagi, siang atau malam ?

2.Kalau pulang sekolah itu siang apa malam ?

3.Terus kalau belajar itu pagi apa malam ?

· Mengenai penjelasan tentang waktu pagi, siang dan malam dapat diuraikan sebagai berikut, tapi untuk kelas satu lebih baik menggunakan gambar sebagai penjelas suatu keadaan waktu agar siswa lebih mudah memahami.

· Gambar yang digunakan sebaiknya suatu kegiatan yang sehari-hari siswa lakukan. Misalnya seperti di bawah ini :

Jam diatas menunjukakan pukul tujuh pagi. Penulisan pukul 1 pagi sampai 12 siang tetap seperti yang ditunjukkan oleh jarum jam, jadi lebih dari jam 12 malam dan kurang dari jam 12 siang merupakan waktu pagi hari bisa dilihat juga terbinya matahari dan situasi atau keadaan pada gambar di atas itu terjadi pada pagi hari yaitu burung berkicau pada waktu pagi hari dan misalnya juga saat pergi ke sekolah pukul 06.00 pagi.

Jam diatas menunjukkan pukul satu siang. Jam menunjukkan pukul satu karena melampaui pukul 12 siang maka penulisannya 12 + 01 = 13, jam 13 merupakan jam 1 siang. Jadi bila lebih dari jam 12 siang itu merupakan waktu siang hari yaitu bisa dilihat juga saat matahari berada tinggi di langit dan juga cuaca mulai panas. Dan kegiatan pada gambar diatas dilakukan pada waktu siang hari yaitu saat pulang sekolah merupakan waktu siang hari.

Jam diatas menunjukkan pukul tujuh malam. Jam menunjukkan pukul 7 malam karena melampaui pukul 12 siang maka penulisannya 12 + 07 = 19, jadi jam 19 itu merupakan jam 7 malam dan berbeda dengan jam 7 pagi karena waktu sudah melampaui pukul 12 siang dan juga dapat dilihat dengan keadaan yang gelap dan matahari sudah terbenam namun muncul bulan dan bintang. Kegiatan pada gambar diatas dapat dilakukan pada malam hari yaitu persiapan tidur untuk istirahat atau belajar pada malam hari.

v Mengenal nama-nama hari

· Dalam Memperkenanalkan nama-nama hari ini merupakan materi yang membutuhkan teknik hafalan, untuk menyampaikan nama-nama hari pada siswa pertama ajaklah siswa untuk menyanyi lagu tentang nama-nama hari bersama-sama dan di ulang dua kali. Mengawali kegiatan pembelajaran dengan bernyanyi akan membuat suasana belajar menjadi lebih menarik selain itu siswa akan lebih mudah menghafal nama-nama hari.

Syairnya sebagai berikut :

nama-nama hari

senin, selasa

rabu, kamis

jumat, sabtu, minggu

itu nama-nama hari

· Untuk memberikan materi selanjutnya guru bisa menggunakan media sederhana yaitu urutan nama-nama hari dan juga guru menjelaskan beberapa pemahaman tentang hari. Penjelasan pemahaman sebagai berikut :

hari kesatu : senin

hari kedua : selasa

hari ketiga : rabu

hari keempat : kamis

hari kelima : jumat

hari keenam : sabtu

hari ketujuh : minggu

-dalam satu minggu ada tujuh hari

-dari hari ke hari berikutnya lamanya 1 hari

-dari senin ke selasa lamanya 1 hari

-dari senin ke rabu lamanya 2 hari

-dalam seminggu bisa dimulai dari hari apa saja asal berurutan

senin

selasa

rabu

kamis

jumat

sabtu

minggu

rabu

kamis

jumat

sabtu

minggu

senin

selasa


seminggu seminggu

-seminggu sering disebut dengan sepekan.

· Dalam penyampaian materi guru diharapkan membuat media sederhana yaitu tulisan nama-nama hari, dengan media tersebut guru dapat mengetahui seberapa pemahaman siswa tentang nama-nama hari, caranya dengan meminta siswa

untuk mengurutkan nama-nama hari yang semula acak-acakan dan tidak urut.

Misalnya dengan media seperti ini :

rabu

senin

selasa

senin

rabu

kamis


· Setelah siswa mampu menghafalkan nama-nama hari sesuai dengan urutan yang tepat coba minta siswa untuk menghitung sebelum dan sesudah hari tertentu, seperti ini :

Satu hari setelah hari ini adalah besok

dua hari setelah hari ini adalah lusa

Satu hari sebelum hari ini adalah kemarin

dua hari sebelum hari ini adalah kemarin lusa

Contoh :

- sekarang hari minggu, dua hari yang lalu hari . . . .

*penyelesaian :

senin selasa rabu kamis jumat sabtu minggu

Jadi cara menghitungnya mundur kebelakang 2 hari sebelum minggu dan dihitung mulai dari hari minggu. Jadi jawaban pertanyaan diatas adalah hari jumat.

- sekarang hari senin, tiga hari lagi hari . . . .

*penyelesaian :

senin selasa rabu kamis jumat sabtu minggu

Jadi cara menghitungnya dengan maju kedepan 3 hari setelah hari senin dan dihitung mulai dari hari senin. Jadi jawaban pertanyaan diatas adalah hari kamis.

- Seminggu + 2 hari = . . . . hari

*penyelesaiannya :

seminggu = 7 hari

jadi, 7 hari + 2 hari = 9 hari

- seminggu – 4 hari = . . . . hari

*penyelesaiannya :

seminggu = 7 hari

jadi, 7 hari – 4 hari = 3 hari

· Kompetensi Dasar : 2.2 Menentukan lama suatu kejadian berlangsung

v Menentukan lama suatu kegiatan berlangsung

· Untuk mengawalinya pembelajaran ini mula-mula yang bisa dilakukan guru dikelas yaitu meminta semua siswanya untuk berkedip, lalu guru menanyakan pada siswa saat melakukan kegiatan berkedip tadi lama atau sebentar.

· Lalu guru bisa menanyakan lagi pada siswa mengenai lama atau sebentar suatu kegiatan berlangsung dan pertanyaan yang ditanyakan berhubungan dengan kegiatan yang mereka lakukan sehari-hari, sebelum bartanya sedikit guru bisa memberi penjelasan bahwa, “lama dan sebentar merupakan ukuran waktu yang tidak baku, lama artinya memerlukan waktu banyak dan sebentar artinya memerlukan waktu sedikit”.

· Dan pertanyaanya yang dapat ditanyakan pada siswa dan berhubungan dengan kegiatan yang mereka lakukan setiap hari yaitu misalnya kegiatan belajar, mandi, makan, minum, tidur, bermain, menggosok gigi dan lain-lain.

· Dengan memberikan pertanyaan sehubungan dengan kegiatan yang mereka lakukan sehari-hari siswa akan paham dan tahu mana kegiatan yang memerlukan waktu sebentar dan mana kegiatan yang memerlukan waktu lama.

Misalnya seperti pernyataan kegiatan-kegiatan di bawah ini :

Membuka jendela Mengikat tali sepatu

Sebentar Lama

menggosok gigi mandi

Sebentar Lama

Belajar di sekolah Mencuci tangan

Lama Sebentar

Bermain sepak bola Menyampul buku

Lama Sebentar

· Bila sudah paham tentang lama dan sebentar lalu guru bisa menjelaskan cara menghitung berapa lama suatu kegiatan atau kejadian tersebut berlangsung.

· Disini guru bisa meminta siswa untuk menghitung berapa lama mereka belajar di sekolah dan berapa lama mereka tidur siang.

Misal : Ari berangkat ke sekolah pukul 7 dan pulang pukul 10, berapa lama Ari belajar di sekolah ?

*penyelasaian : lama Ari belajar disekolah adalah 10 – 7 = 3

Jadi lama Ari belajar di sekolah adalah 3 jam

Jadi cara menghitunya yaitu dengan pengurangan atau ambil-ambilan. Dimana waktu saat awal akan melakukan kegiatan dikurangi dengan waktu pada saat terakhir atau sudah selesai melakukan kegiatan, jadi lamanya belajar di sekolah adalah 3 jam, itu merupakan kegiatan yang memerlukan waktu yang lama.

Misal : Hani tidur siang pukul 1 dan bangun pukul 3, berapa lama Hani tidur siang ?

*penyelesaian : lama Hani tidur siang adalah 3 – 1 = 2

Jadi lama Hani tidur siang adalah 2 jam

Waktu akhir kegiatan berlangsung dikurangi waktu awal kegiatan berlangsung, jadi lamanya tidur siang adalah 2 jam, itu merupakan kegiatan atau kejadian yang berlangsung dengan waktu yang lama.

Misal : Dani Menyapu halaman pukul 6, dan menyapu halaman selama 1 jam. Pukul berapa Dani selesai menyapu halaman ?

*penyelesaian : selesai Dani menyapu halaman adalah 6 + 1 = 7

Jadi selesai Dani menyapu adalah pukul 7

Cara menghitung yaitu dengan menjumlahkan waktu saat awal melekukan kegiatan dengan lamanya saat melakukan kegiatan, dengan begitu akan tahu sampai pukul berapa kegiatan tersebut dilakukan.

· Bila sudah memberikan penjelasan tentang semua materi yang dipelajari guru bisa memberikan evaluasi untuk dapat mengetahui seberapa dalam pemahaman dan penguasaan siswa mengenai materi yang baru disampaikan dan dipelajari.

*

2 comments:

  1. keren,,, kuambil dikit ya ka, buat tugas praktek media pembelajaran, tq

    ReplyDelete
  2. kakau metode utk mengurangkan lama waktu..jika waktunya begini:
    budi memancing pukul 14.30 hingga pukul 16.00.berapa lama budi memancing?metode nya ini gimana untuk memudahkan pemahaman siswa kelas 3.tks

    ReplyDelete